208 Views
Tips & Trick

INTERNET BAIK


Internet merupakan suatu hal yang menjadi suatu kebutuhan pada saat ini. Karena dengan internet kita bisa menambah wawasan,pengetahuan,menambah teman/relasi, berbisnis, dll. Tetapi tidak bisa dipungkiri juga bahwa internet saat ini yang semakin membudaya di tengah masyarakat bisa menyebabkan suatu hal yang negatif juga.

Menggunakan internet dengan cerdas bisa dengan cara :

Menjadikan internet sebagai media informasi yang baik

Sebagai mana kita maklumi bersama media internet adalah sebuah media yang sangat luas dan bebas. Hampir semua data informasi sudah mulai dapat di akses dari internet tanpa ada batasan yang baik atau buruk. Hal ini sangat penting bagaimana kita bisa memanfaatkan internet sebagai media informasi yang baik.

Milikilah sikap selektif

Sikap ini adalah sebuah tindakan untuk menilai segala sesuatu sebelum diambil untuk dinikmati. Tetap siagakan pikiran anda saat menyimak berbagai informasi yang tersedia. Jangan Mudah Terprovokasi dengan Berita atau Informasi yang Belum Tentu Kebenarannya

Awasi Penggunaan Internet Anak Anda

Saat ini akses internet memang bukan hanya mereka saja yang sudah remaja dan dewasa, anak-anak pun sudah amat dekat dengan kehidupan ber sosial media ataupun internet, tentu hal ini banyak dampak negatifnya, karena anak-anak belum tentu tahu mana yang baik dan benar apalagi mengambil sikap dari sesuatu yang mereka lihat di internet. Anak-anak masih sangat mudah terpengaruh, oleh karena itu disini anda sebagai orang tua, awasi lah penggunaan internet anak anda sebaik dan seketat mungkin.

Tingginya angkat digital native kalangan anak-anak dan remaja, Telkomsel melihat perlunya melindungi segmen ini dari dampak negatif dunia maya seperti pornografi, SARA, terorisme, eksploitasi anak, kecanduan game online, judi, hate speech, dan cyberbullying. Untuk itu, Telkomsel menggelar program Internet BAIK (bertanggung jawab, aman, kreatif, dan inspiratif).

Di tahun 2016, program ini telah melibatkan sebanyak 2.800 guru dan orang tua murid, 54 sekolah, 900 murid, dan 550 duta #InternetBAIK yang membantu proses edukasi ke masyarakat.
Hingga kini, program Internet BAIK ini telah melakukan edukasi ke 27 kota, 84 sekolah, 6.795 murid, 5.897 orangtua, guru, dan komunitas, serta 1.613 duta #InternetBAIK.

Adanya seminar, workshop dan kelas edukasi, diharapkan dapat menjadi jembatan untuk lahirnya generasi yang kreatif, positif tapi tetap waspada serta kritis terhadap nilai-nilai yang tidak tepat, sehingga hal-hal yang dibagikan ke internet adalah hal yang bermanfaat. Cara mengaplikasikan internet baik ini pun bisa dimulai dari lingkungan sekitar kita.

Program kampanye bertajuk #internetBAIK ini diluncurkan dengan tujuan menciptakan ekosistem digital yang positif dan konstruktif dengan penggunaan internet bertanggung jawab, aman, inspiratif, dan kreatif.

Penggunaan internet yang bertanggung jawab artinya memanfaatkan internet secara tepat sesuai dengan norma dan etika. Aman berarti pengguna internet terlindungi dari segala potensi kejahatan dan dampak buruh dari internet.

Inspiratif artinya mendorong pemanfaatan internet untuk hal-hal yang positif dalam upaya meningkatkan kualitas hidup pengguna dan orang di sekitarnya. Sementara kreatif berarti menciptakan ekosistem digital yang produktif sebagai wadah pengembangan daya cipta dan kreasi yang bermanfaat secara luas bagi masyarakat.

Untuk menjalankan kampanye tersebut, Telkomsel melibatkan Yayasan Kita dan Buah Hati yang fokus dalam kegiatan konsultasi, pendampingan, pelatihan, dan advokasi seputar isu keluarga dan pengasuhan anak. Selain itu pihak lain yang dilibatkan adalah ICT Watch sebagai organisasi penggagas awal gerakan digital literasi ‘Internet Sehat’ dan Kakatu, aplikasi yang dapat digunakan untuk memproteksi dunia digital anak agar terhindar dari kecanduan gadget, permainan online dan konten negatif lain yang ada di dalamnya.

Telkomsel percaya, penggunaan internet secara BAIK akan meningkatkan produktivitas dan memberikan dampak positif bagi perkembangan bangsa.

No Comments Found

Leave a Reply