167 Views
Tips & Trick

Inilah upaya BNPB dalam menanggulangi bencana #ECOTALK #amankahjakartadaritsunami

Bencana alam bisa terjadi di seluruh dunia. Terjadinya bencana alam merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Tepatnya hari kamis tanggal 28 Februari 2019, Tempo Media Group @tempodotco mengadakan bersama dengan Narasumber Berto Panjaitan selaku kepala subdit pencegahan BNPB, Rahmat Triyono ; Kepala pusat gempa bumi dan tsunami BMKG, Suptayoga Hadi ; perencana ahli utama, kedeputian pengembangan regional BAPPENAS dan Eko Yulianto ; kepala pusat penelitian Geoteknologi UPI. Mengusung tema “Amankah Jakarta dari Tsunami?”

Sebagai informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (disingkat BNPB) adalah sebuah Lembaga Pemerintah Non Departemen yang mempunyai tugas membantu Presiden Republik Indonesia dalam: mengkoordinasikan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan penanganan bencana dan kedaruratan secara terpadu; serta melaksanakan penanganan bencana dan kedaruratan mulai dari sebelum, pada saat, dan setelah terjadi bencana yang meliputi pencegahan, kesiapsiagaan, penanganan darurat, dan pemulihan.

Dibawah ini ada beberapa upaya BNPB dalam menanggulangi bencana :

Mengedukasi Masyarakat

Mengusulkan kepada pemerintah diadakannya simulasi rutin dalam masyarakat, sekolah, dan dibeberapa tempat lainnya untuk menciptakan masyarakat yang lebih waspada ketika terjadi bencana. Sebagai contoh; Jepang adalah salah satu negara yang menjadikan simulasi atau pelatihan penanggulangan bencana sebagai edukasi yang rutin bagi masyarakatnya rata-rata sebulan sekali, dan menciptakan buku panduan bagi para wisatawan cara penanggulangan bencana sekitar.
BMKG sempat merilis peringatan dini sebelum tsunami terjadi di Pantai Palu. Salah satu bukti nyata pentingnya edukasi terhadap masyarakat adalah terdapat 1 sekolah di Palu yang berhasil selamat karena sebelumnya telah melakukan simulasi menyelamatkan diri dari bencana yang terjadi sahut Rahmat Triyono selaku Kepala pusat gempa bumi dan tsunami BMKG (28/02/2019)

Menganjurkan inisiatif masing-masing tiap keluarga

Setidaknya ada 1 tempat yang paling aman yang bisa menjadi tujuan anggota keluarga untuk menyelamatkan diri, ketika bencana sedang terjadi sehingga tidak menimbulkan kepanikan yang luar biasa. Saling bahu-membahu satu sama lain dan saling mengingatkan.

Kesadaran membantu sesama

Kita hidup di zaman digital serba media sosial, hindarilah berita-berita hoax, karena akan mengakibatkan kepanikan yag luar biasa. Mari bantu sesama dengan tidak menyebarkan hoax dan menyebarkan informasi penting yang ada pada BNPB di https://www.bnpb.go.id/ yang lengkap dan up to date dengan DATA INFORMASI BENCANA, PANTAUAN BENCANA dan informasi lengkap lainnya yang bisa dibagikan tanpa harus membagikan hoax yang hanya untuk membuat sesama kita semakin panik.

Bencana memang tidak bisa dihindari, tapi selagi kita bisa menanggulangi bencana dengan kesadaran diri dan edukasi yang lengkap, akan semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya memperhatikan hal-hal yang perlu dilakukan saat terjadi bencana dan cara menaggulanginya.
Salam sadar bencana!

No Comments Found

Leave a Reply