158 Views
Travel

Ini dia Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Jelajah Danau Toba!

Horas! Horas! Horas! belum lama ini, Kemenpar menetapkan 10 destinasi unggulan yang diprioritaskan sebagai tujuan wisata “Bali baru” bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Salah satu destinasi yang ditetapkan adalah objek wisata Danau Toba di Sumatera Utara.

Danau Toba menawarkan banyak pesona mulai dari destinasi alam, kuliner, hingga atraksi yang beragam. Sebelum mengunjungi Danau Toba, saya selaku penduduk asli disana akan memberikan tips yang harus kamu ketahui sebelum berkunjung ke danau vulkanis terbesar di dunia. Berikut adalah ulasannya!

 Akses perjalanan


Dengan beroperasinya Bandara Silangit di Siborong-borong, Tapanuli Utara, kini wisatawan dari Jakarta bisa melakukan penerbangan langsung dengan menggunakan beberapa maskapai dalam negeri. Beberapa di antaranya adalah Garuda Indonesia, Batik Air, Citilink, dan Sriwijaya Air. Tak hanya itu, Garuda Indonesia pun saat ini telah membuka rute penerbangan langsung dari Singapura untuk menarik para wisatawan mancanegara ke Danau Toba.

Sesampainya di Bandara Silangit, kamu bisa menggunakan kendaraan umum berupa taksi sewa dan bus DAMRI untuk mencapai kota-kota di pinggiran Danau Toba seperti Balige dan Parapat. Bila berencana ke Danau Toba dari arah Medan maupun Sibolga, kamu bisa menggunakan travel angkot (umumnya mobil Colt) dengan tarif sekitar Rp50.000 per orang. Kamu akan menempuh perjalanan darat selama 3 – 4 jam.

Penginapan

Danau Toba terletak di antara beberapa kabupaten di Sumatera Utara, sehingga terdapat banyak kota yang bisa kamu jadikan lokasi untuk mencari penginapan. Kamu bisa memilih penginapan mulai dari yang hotel biasa hingga hotel berbintang di Muara, Balige, Parapat, atau Pangururan.

Bila ingin menginap di Pulau Samosir, kamu bisa bermalam di daerah Tomok atau Simanindo. Dua lokasi ini berada di sebelah timur dan utara Pulau Samosir. Di daerah tersebut, kamu bisa memilih homestay yang sesuai dengan kebutuhan. Sebagai saran, kamu bisa memilih homestay di sisi timur Pulau Samosir yang memiliki pemandangan langsung ke arah danau. Dengan begitu, kamu bisa menyaksikan pemandangan sunrise di Danau Toba yang memukau. Wow!

Spot menarik di Samosir

 

Begitu sampai di Pulau Samosir, hal yang harus kamu lakukan adalah membuat daftar destinasi wisata. Pertama, kamu bisa mengunjungi berbagai objek wisata di sekitar Pelabuhan Tomok, seperti situs megalitikum Kompleks Makam Batu Sidabutar, deretan rumah tradisional di Kampung Tuktuk, Kursi Batu Raja Siagilan, serta Rumah Raja Sidauruk yang menampilkan pertunjukan Patung Sigale-gale.

Sigale-gale adalah patung mistis yang terkenal dari Pulau Samosir. Patung ini dibuat dari kayu yang bisa digerakkan saat pertunjukan, sehingga seolah-olah tampak sedang menari dengan lincah. Dengan diiringi alat musik tiup sordam, wisatawan bisa menonton pertunjukan tari Sigale-gale dan muda-mudi yang menari tor-tor.

Setelah berkeliling di sekitar Tomok, kamu bisa menyewa motor untuk mempermudah mobilitas kamu selama mengunjungi berbagai tempat wisata di Pulau Samosir. Setiap penginapan biasanya menyediakan jasa sewa motor atau sepeda yang bisa kamu bayar harian. Selain itu, kamu juga bisa menyewa motor milik pengemudi ojek di pinggir jalan.

Kamu bisa berkeliling di Pulau Samosir dengan mengunjungi Museum, Pegunungan, Air terjun dan Pantai-panai yang sangat Indah dipandang mata.

Menjaga Perilaku

 

Kita mengetahui bahwa kemanapun kaki kita melangkah perilaku kita harus bisa menyesuaikan dimana kaki berpijak. Bukan hanya pada tempat wisata, tapi dimanapun sikap dan perilaku harus tetap sopan dan berperilaku yang baik.

Bank dan ATM

Perlu diketahui bahwa ATM di Samosir tidak seramai ATM di kota-kota besar per 1 km akan menemukan ATM, dan Tips bagi kamu tetap sediakan Uang Cash karena kebanyakan transaksi di daerah Pulau Samosir masih menggunakan Cash. Namun tetap berhati-hati ya. kini, untuk ATM sudah ada beberapa yang dengan mudah dapat ditemukan di Pangururan sebagai ibu kota kabupaten dan Tuktuk sebagai pusat pariwisata Samosir.

NOTE : Waktu berkunjung Sebaiknya, habiskan waktu minimal empat hari untuk benar-benar menjelajahi keseluruhan Kabupaten Samosir. Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan pastinya.

Share jika informasi ini membantu kamu dan jangan lupa tinggalkan komentarmu!
Jangan lupa tersenyum : ) Horas!

 

 

No Comments Found

Leave a Reply